Uncategorized

Gaji 20 Juta! UIM Yogyakarta Buka Jalan Lulusan Kerja di Jepang Tanpa Downgrade!

Gaji 20 Juta! UIM Yogyakarta Resmi Jalin Strategic Partnership Employment in Japan dengan PT Kebun Teknologi Indonesia Yogyakarta,  – Kabar baik bagi lulusan Universitas Islam Mulia Yogyakarta (UIM Y) dan SMK! Kampus ini telah menjalin kerja sama Strategic Partnership Employment in Japan dengan PT Kebun Teknologi Indonesia untuk membuka peluang kerja di Jepang dengan gaji mencapai Rp20 juta per bulan. Program ini tidak hanya menjanjikan pekerjaan sesuai bidang keahlian, tetapi juga memungkinkan lulusan untuk mengembangkan karier secara profesional di Jepang tanpa risiko downgrade. Jepang Kekurangan Tenaga Kerja, Peluang Terbuka Lebar! Saat ini, Jepang mengalami kekurangan tenaga kerja di berbagai sektor, dengan kebutuhan utama di 14 bidang pekerjaan, antara lain:✅ Perawat✅ Restoran✅ Konstruksi✅ Pembersih bangunan✅ Industri makanan & minuman✅ Perhotelan✅ Pertanian✅ Industri perkapalan ✅ Perikanan✅ Perbaikan mobil✅ Permesinan✅ Perlengkapan elektronik✅ Industri penerbangan✅ Industri material Sejak tahun 2018, lebih dari 1.300 lulusan SMK hingga S2 telah sukses bekerja di Jepang. Kini, dengan Strategic Partnership Employment in Japan, mahasiswa dan lulusan dari Indonesia memiliki kesempatan lebih besar untuk meniti karier di negara tersebut. Bagaimana Cara Bergabung dalam Program Ini? Agar peserta siap bekerja di Jepang, mereka harus mengikuti pelatihan bahasa Jepang dan keterampilan profesional selama 1 tahun, dimulai sejak semester 3 perkuliahan.📌 Senin–Jumat: 2 jam per hari📌 Libur Semester: 5–6 jam per hari Setelah itu, peserta wajib mengikuti 2 tahap ujian utama:1️⃣ Ujian JFT Basic (Bahasa Jepang) – Berbasis komputer dan diselenggarakan oleh pemerintah Jepang2️⃣ Ujian Keterampilan & Wawancara Kerja Jika lolos, peserta akan melalui proses pengurusan dokumen dan kontrak kerja sebelum berangkat ke Jepang dengan visa kerja 5 tahun yang bisa diperpanjang hingga pensiun. Berapa Biaya Program Ini? Program ini memiliki skema pembayaran yang fleksibel:💰 Total biaya kursus: Rp43 juta (termasuk semua kebutuhan pelatihan & keberangkatan)💰 DP awal: Rp9 juta (bisa dicicil selama masa kursus)💰 Sisa pembayaran: Bisa dilunasi setelah mulai bekerja atau menggunakan kontrak kerja sebagai jaminan Dengan gaji yang bisa mencapai Rp20 juta per bulan, peserta masih bisa menabung sekitar Rp5–10 juta per bulan, bahkan setelah dipotong biaya hidup di Jepang. Peluang Karier untuk Lulusan Administrasi Kesehatan (Adminkes) Bagi lulusan Administrasi Kesehatan (Adminkes), ada peluang besar untuk bekerja di sektor kesehatan di Jepang. Syaratnya:📌 6 bulan pertama mengikuti kursus bahasa Jepang📌 6 bulan berikutnya mempelajari modul kesehatan Setelah itu, mereka bisa bekerja sebagai caregiver, dengan kesempatan naik jabatan menjadi asisten perawat atau dokter setelah 5 tahun bekerja. Dukungan UIM Y: Pusat Bahasa Jepang & Studi Banding Untuk mendukung program ini, UIM Y berencana membangun Pusat Bahasa Jepang di kampus. Namun, ada saran agar universitas lebih fokus pada kurikulum yang telah sesuai standar Jepang, tanpa perlu mendirikan pusat bahasa sendiri. Selain itu, studi banding ke Batam menjadi opsi agar UIM Y bisa memahami sistem pendidikan yang sudah berhasil menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri.   Kontributor : Warta UIM

Uncategorized

Songsong Ramadhan 1446 H, Masjid Al-Fatah Gelar Pengajian dan Bazar UMKM

Sleman – Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1446 H, takmir Masjid Al-Fatah Nglahar Sumbersari, Moyudan, menggelar pengajian bertajuk “Songsong Ramadhan”, Minggu pagi (23/2/2025). Acara ini menghadirkan Rektor Universitas Islam Mulia Yogyakarta, Ustaz Anwaruddin Hisyam, sebagai penceramah utama. Dalam tausiyahnya, Ustaz Anwar mengingatkan bahwa sejak dahulu masyarakat telah terbiasa menjalani hidup sederhana, terutama saat memasuki bulan suci Ramadhan. “Mari kita hidupkan dan fungsikan masjid sebagai pusat kegiatan kebaikan, tidak hanya untuk ibadah mahdhah, tetapi juga untuk ibadah sosial yang bermanfaat bagi seluruh jamaah,” ujar Ustaz Anwar. Ia juga menekankan pentingnya mendidik anak sejak dini untuk belajar, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an hingga usia lanjut. Menurutnya, tidak ada batasan umur untuk terus mengaji dan memperdalam ilmu agama. Sebagai motivasi, ia membagikan pengalamannya dalam mendirikan tempat mengaji bagi lanjut usia. “Santri-santri saya banyak yang sudah berusia di atas 50 tahun dan baru belajar Iqra’. Mereka baru bisa membaca Al-Qur’an dan mengkhatamkannya setelah memasuki usia lanjut,” ungkapnya. Memakmurkan Masjid dan Warga Melalui Kegiatan Sosial Ketua Takmir Masjid Al-Fatah, Muhammad Wazid, menjelaskan bahwa pengajian ini merupakan bagian dari upaya untuk memakmurkan masjid sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga jamaah. “Ketika masjid makmur, maka jamaah juga akan makmur. Oleh karena itu, kami mengadakan bazar UMKM dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat,” jelasnya. Adanya bazar UMKM diharapkan dapat menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan ekonomi umat, sehingga semakin banyak aktivitas yang mendukung kesejahteraan jamaah. Selain itu, selama bulan Ramadhan, Masjid Al-Fatah juga mengajak jamaah untuk aktif dalam berbagai kegiatan, seperti:✅ Salat Tarawih berjamaah✅ Salat Subuh dan kajian rutin✅ Tadarus Al-Qur’an✅ Buka puasa bersama✅ Pasar murah dan pemeriksaan kesehatan gratis Takmir masjid juga mengajak seluruh jamaah untuk berinfak dan mendukung pembiayaan seluruh rangkaian kegiatan Ramadhan. “Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis, warga bisa lebih memahami kondisi tubuh mereka sehingga dapat menjaga kesehatan selama menjalani ibadah puasa,” tambah Wazid. Melalui kegiatan ini, Masjid Al-Fatah berharap dapat menjadi pusat spiritual, sosial, dan ekonomi bagi masyarakat sekitar, sehingga keberkahannya semakin dirasakan oleh seluruh jamaah. (Redaksi KIM Moyudan) Kontributor : Redaksi KIM Moyudan

Uncategorized

“Strategic Partnership: Kesempatan Internship Keperawatan di Kota Monbetsu, Jepang”

Pendahuluan Kampus kami terus memperluas jaringan dan kesempatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam program magang internasional. Salah satu peluang terbaru yang terbuka adalah kemitraan strategis dengan Kota Monbetsu, Jepang, yang menawarkan program internship keperawatan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan teori pendidikan D3 Keperawatan di Indonesia. Kerja sama ini diharapkan dapat mengatasi kekurangan tenaga medis di Jepang, khususnya dalam bidang keperawatan, serta memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa dalam lingkungan internasional. Tentang Kota Monbetsu dan Kondisi Demografi Kota Monbetsu terletak di Pulau Hokkaido, Jepang, yang dikenal dengan suhu ekstremnya yang dapat mencapai -7 derajat Celcius pada musim dingin. Kota dengan jumlah penduduk sekitar 20 ribu orang ini memiliki industri utama di bidang perikanan, pariwisata, dan pertanian, serta dikenal dengan keindahan alamnya, terutama wisata es terapung. Namun, Monbetsu menghadapi tantangan besar terkait kekurangan tenaga kerja, terutama dalam sektor kesehatan. Sebagian besar penduduknya adalah lansia, dengan 36% berusia di atas 65 tahun. Ini mengarah pada kekurangan tenaga medis dan perawat yang signifikan. Lebih dari 50% kapasitas rumah sakit dan fasilitas perawatan lansia tidak dapat terlayani karena kurangnya staf medis. Di sisi lain, mayoritas penduduk muda di Monbetsu adalah pekerja asing yang datang untuk mengisi kekosongan tenaga kerja di Jepang. Peluang Internship di Monbetsu Dalam rangka mengatasi kekurangan tenaga medis ini, Kota Monbetsu bekerja sama dengan universitas dan lembaga pendidikan di Indonesia untuk menyediakan kesempatan internship keperawatan. Mahasiswa yang telah menyelesaikan teori D3 Keperawatan di Indonesia dapat mengikuti program internship ini, yang akan berlangsung di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di Monbetsu. Internship ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk bekerja langsung di lingkungan rumah sakit Jepang, belajar dari tenaga medis profesional, serta mengasah keterampilan mereka dalam praktik keperawatan. Dengan adanya fasilitas pelatihan bahasa Jepang dan teknik keperawatan, peserta program ini akan dipersiapkan untuk bekerja di Jepang dengan efektif. Proses Penerimaan Internship Proses penerimaan internship keperawatan di Jepang terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut: Pendaftaran dan Permohonan VisaMahasiswa yang berminat harus mendaftar dan mengajukan permohonan visa untuk dapat mengikuti program internship ini. Penentuan Tempat InternshipSetelah pengajuan, mahasiswa akan ditempatkan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan di Monbetsu yang telah bekerja sama dengan program ini. Pendidikan dan Pelatihan Pra-keberangkatanSebelum berangkat, peserta akan menjalani pelatihan bahasa Jepang dan teknik keperawatan yang bertujuan untuk mempersiapkan mereka bekerja di Jepang. Support Setelah Penempatan di JepangSetibanya di Jepang, peserta akan mendapat dukungan akomodasi dan bantuan kehidupan sehari-hari agar mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan baru di Monbetsu. Kenapa Memilih Internship di Monbetsu? Monbetsu menawarkan lebih dari sekadar pengalaman kerja; kota ini juga dikenal dengan komitmennya dalam pelestarian alam dan kualitas hidup yang tinggi. Dalam empat tahun berturut-turut, Monbetsu mendapat peringkat pertama dalam kategori pelestarian alam. Penduduk lokal yang ramah dan fasilitas yang terus berkembang memberikan suasana yang mendukung bagi para intern untuk belajar dan berkembang. Sebagai tambahan, biaya hidup di Monbetsu relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Jepang. Ini membuat Monbetsu menjadi pilihan yang ideal bagi mahasiswa internasional yang ingin mengembangkan karier di bidang keperawatan. Kesimpulan Program internship keperawatan di Kota Monbetsu adalah peluang langka bagi mahasiswa Indonesia untuk memperoleh pengalaman kerja internasional sekaligus membantu mengatasi kekurangan tenaga medis di Jepang. Dengan persiapan yang matang melalui pelatihan bahasa Jepang dan teknik keperawatan, peserta program ini akan siap untuk berkarier di bidang kesehatan global. Kontributor : Nurul Aringintyas

Uncategorized

PARTISIPASI MAHASISWA PRODI PERPUSTAKAAN DAN SAINS INFORMASI “DALAM KEGIATAN SHELVING KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN BANTUL”

Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang melayani masyarakat umum (semua lapisan masyarakat) tanpa membeda-bedakan latar belakang. Sehubungan perpustakaan umum Kabupaten Bantul mau menempati gedung baru maka dilaksanakan kegiatan penataan koleksi / shelving. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Bantul sebagai mitra kerjasama Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi sehingga pihak  DPK Kabupaten Bantul mengajukan surat permohonan fasilitasi mahasiswa ke Universitas untuk turut serta dalam kegiatan shelving di perpustakaan umum Kabupaten Bantul yang baru. Koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan jumlahnya besar dan beragam subyek klasifikasinya sehingga memerlukan sumber daya pustakawan yang cukup banyak agar kegiatan shelving dapat selesai sesuai dengan direncanakan. Mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Islam Mulia Yogyakarta ikut berpartisipasi dalam kegiatan penataan koleksi (shelving) di Perpustakaan Umum Kabupaten Bantul. Ada 9 mahasiswa yang turut dalam kegiatan tersebut, tujuh orang dari semester V dan dua orang semester III. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu hari Rabu – Jum’at, tanggal 22 – 24 januari 2025. Pelaksanaan kegiatan dimulai pukul 08.00 – 14.30 WIB. Mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi yang ikut berpartisipasi merasa sangat senang, antusias dan semangat karena mereka dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam perkuliahan untuk diterapkan langsung di perpustakaan, serta yang utama mereka mendapat mendapatkan pengalaman kerja. Sukses selalu buat mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi. Semoga kegiatan kerjasama dengan mitra DPK Kabupaten Bantul tetap berlanjut (rn).

Uncategorized

Kegiatan webinar dari prodi Perpus dengan tema “Meningkatkan Literasi digital di Era Society 5.0 dan Membangun Kemampuan Berpikir Kritis”

Dampak Literasi Digital dalam Pendidikan Perguruan Tinggi untuk Menambah Skills bagi Mahasiswa Oleh: Pak Heriyanto (UNDIP) Literasi Digital berdasarkan Teori UNESCO (2021) adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital mulai dari mencari, mengevaluasi, membuat dan mengkomunikasikan informasi. Ada aspek kritikal thinking. Dampaknya harus ada tanggung jawab terhadap postingan yang dibuat di medsos. ethical engagement, Tidak semua hal bisa di ekspose. Element Literasi Digital: Manfaat, Peran Literasi Digital dalam Pendidikan: Dampak dalam kebutuhan pembelajaran: Harus mampu: Strategi untuk bisa literate: Promosi Digital literasi itu penting di institusi dan masyarakat Teknologi itu kita harus mampu memanfaatkan supaya teknologi itu tidak nganggur dan gunakan aspek positifnya untuk dalam proses belajar mengajar. Literasi Digital di Era Society di dunia kerja Oleh Ibu Zanita Maraknya Hoax di dunia kerja. Daya saing tertinggal yakni 56 dari 63 negara. pengguna internet paling tinggal dari kominfo adalah mahasiswa. Pengunjung perpustakaan juga di Bantul pinter mayoritas mahasiswa S1. Literasi digital itu mampu dan cakap dalam teknologi, harus bisa memilih mana yang valid dan tidak, ada etika juga. manfaat literasi digital Strategi Perguruan Tinggi Strategi Mahasiswa Ketika Dunia kerja akan lebih siap ketika ketrampilan ada, ilmu ada, pengalaman ada. Sknergi pemerintah dan P.T: Harus banyak adaptasi secepat mungkin dengan teknologi. Kincinya Ilmu, Ketrampilan, dan pengalaman.

Uncategorized

Mahasiswa UIM Yogya Gelar Pelatihan Canva & Literasi Digital: Kolaborasi Tiga Prodi dalam Tugas Public Speaking & Leadership

Mahasiswa UIM Yogya Gelar Pelatihan Canva, Literasi Digital, dan Lomba Interaktif di Kulon Progo Kulon Progo, 25 Januari 2025 – Mahasiswa Universitas Islam Mulia (UIM) Yogyakarta semester tiga dan lima sukses menggelar kegiatan Pelatihan Canva, Literasi Digital, dan Lomba Interaktif di Masjid Trayu Kauman, Tirtorahyu, Galur, Kulon Progo, DIY. Kegiatan bertema Desa Cerdas, Desa Kita ini merupakan bagian dari tugas praktik mata kuliah Public Speaking dan Leadership, dengan bimbingan dosen Muhammad Immawan Aulia, S.Kom., M.Kom., CSA., CPS., Wiwin Irpina, S.SI., M.A., serta Rizky Andhika Surya, S.Kom., M.Kom., CSA. Kegiatan Pelatihan Canva dan Literasi Digital Kegiatan yang berlangsung dari pukul 16.00 hingga 18.00 WIB ini melibatkan 20 peserta pelatihan dan sejumlah anak-anak yang berpartisipasi dalam lomba. Setelah acara dibuka oleh pembawa acara, Intan dan Tiara, peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk mengikuti pelatihan yang berbeda, yaitu Canva dan Literasi Digital. 1. Pelatihan Canva Pelatihan Canva diikuti oleh 11 peserta dari kelas 4-6 SD. Pak Rizky Andhika Surya selaku dosen Informatika memberikan pemaparan dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami. Materi ini dibantu oleh mahasiswa Informatika, yakni Sadam, Fadhlan, dan Medita. Peserta kemudian dibagi menjadi tiga kelompok kecil untuk mempraktikkan desain menggunakan Canva, didampingi oleh Kak Nina, Kak Zya, Kak Adit, dan Kak Azam. Fasilitas laptop telah disiapkan oleh Kak Arif dan Kak Ihsan untuk menunjang pelatihan ini. 2. Pelatihan Literasi Digital Pelatihan Literasi Digital diikuti oleh 9 peserta dari kelas 5-6 SD. Materi dipaparkan oleh Bu Wiwin Irpina, dosen Perpustakaan dan Sains Informasi, dengan bantuan mahasiswa Informatika, yaitu Shafa, Afif, dan Syifa. Setelah pemaparan, peserta juga dibagi menjadi tiga kelompok kecil untuk praktik langsung bersama Kak Alfan dan Kak Nailil, dengan fasilitas laptop yang telah disiapkan oleh Kak Juwosan. Lomba Susun Huruf Hijaiyah dan Estafet Karet Selain pelatihan, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan lomba interaktif yang diperuntukkan bagi anak-anak kelas 1-3 SD. Lomba Susun Huruf Hijaiyah dan Estafet Karet dipandu oleh Kak Haliza, Dera, Afifah, Isnaeni, Nazliyah, dan Nur Hasanah. Antusiasme anak-anak sangat tinggi dalam mengikuti lomba ini. Penghargaan dan Penutupan Acara Setelah kedua pelatihan selesai, peserta pelatihan Canva diarahkan kembali ke Masjid, tempat peserta Literasi Digital menunggu. Berdasarkan capaian nilai per kelompok, juri menentukan juara 1, 2, dan 3 untuk masing-masing pelatihan. Para pemenang lomba interaktif juga diumumkan, dan mereka mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi atas kreativitas dan partisipasi mereka. Acara resmi ditutup setelah semua peserta menerima hadiah, dengan harapan bahwa ilmu yang telah diberikan dalam pelatihan ini dapat bermanfaat bagi peserta dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam memanfaatkan teknologi secara bijak. Kontributor : Nurrida Shafa

Uncategorized

PBI UIM Yogyakarta Fasilitasi Guru Bahasa Inggris SMP se-Kabupaten Sleman Pelajari Pendekatan Deep Learning

Pendekatan Deep Learning untuk Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Sleman, 21 Januari 2025 – Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Mulia Yogyakarta bekerja sama dengan Musyawarah Guru Muhammadiyah Mata Pelajaran (MGMMP) Bahasa Inggris SMP se-Kabupaten Sleman menyelenggarakan seminar bertajuk “Pembelajaran dengan Pendekatan Deep Learning.” Kegiatan yang dihadiri guru bahasa Inggris dari SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman ini menjadi langkah awal dalam mempersiapkan diri untuk menyambut implementasi pendekatan pembelajaran baru yang dicanangkan oleh pemerintah. Acara yang dilaksanakan pada Senin, 20 Januari 2025, di Aula Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sleman ini dipandu oleh tim dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIM Yogyakarta. Mereka memaparkan beberapa topik terkait pendekatan pembelajaran deep learning, mulai dari konsep dasar, elemen-elemen pembelajaran deep learning, hingga aplikasinya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Perwakilan dari Badan Kerja Sama (BKS) SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman yang hadir, Ibu Yulia Rahmawati, menyampaikan apresiasinya terhadap MGMMP Bahasa Inggris. “MGMMP Bahasa Inggris menjadi yang pertama di Kabupaten Sleman menyelenggarakan seminar tentang deep learning. Ini adalah langkah maju yang patut dicontoh oleh organisasi guru lainnya,” ujarnya. Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Muhammad Fathur Rahman Khalik, juga memberikan apresiasi kepada MGMMP atas inisiatifnya. “Kami sangat menghargai MGMMP Bahasa Inggris yang menunjukkan growth mindset. Meskipun kebijakan resmi pemerintah terkait deep learning belum dikeluarkan, MGMMP sudah proaktif mempelajarinya. Inisiatif ini membuktikan semangat mereka untuk terus berkembang,” katanya. Dengan lebih dari 30 peserta yang hadir, seminar ini menjadi tonggak penting dalam sinergi antara dunia akademik dan praktisi pendidikan di Kabupaten Sleman. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan MGMMP berkomitmen untuk terus bekerja sama demi menciptakan inovasi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan zaman. Kontributor : Muhammad Fathur Rahman Khalik

Uncategorized

SOSIALISASI ASURANSI KECELAKAAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM MULIA YOGYAKARTA

Sosialisasi Asuransi Kecelakaan Mahasiswa Universitas Islam Mulia Yogyakarta Yogyakarta, 14 Januari 2025 – Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan asuransi bagi mahasiswa, Universitas Islam Mulia (UIM) Yogyakarta menggelar webinar bertajuk “Sosialisasi Asuransi Kecelakaan Mahasiswa”. Acara ini merupakan wujud nyata kerja sama antara UIM Yogyakarta dan PT. Pialang Asuransi Asyki. Webinar dilaksanakan pada Selasa, 14 Januari 2024, pukul 15.30–16.30 WIB melalui platform Zoom Meeting. Tujuan dan Agenda WebinarWebinar ini bertujuan memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai pentingnya asuransi kecelakaan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menghadirkan Salman Al Farisi, S.H.I, CLI, APAI, seorang ahli dari PT. Pialang Asuransi Asyki, acara ini berfokus pada edukasi manfaat asuransi serta bagaimana perlindungan ini dapat membantu mahasiswa dalam menghadapi risiko kecelakaan. Partisipasi MahasiswaKegiatan yang dihadiri 50 peserta dari berbagai jurusan di UIM Yogyakarta berlangsung dengan lancar. Para peserta tampak antusias mengikuti sesi penyampaian materi dan diskusi yang interaktif. Tanggapan PesertaSebagai upaya mengevaluasi keberhasilan acara, tanggapan peserta diukur menggunakan Skala Likert (1 = Sangat Tidak Puas hingga 5 = Sangat Puas). Berikut hasil penilaian berdasarkan tiga aspek utama: Kualitas Materi: Sebanyak 66% peserta menyatakan sangat puas dengan kualitas materi yang disampaikan.Keterampilan Pemateri: Evaluasi keterampilan penyampaian oleh Salman Al Farisi menunjukkan hasil sangat memuaskan, dengan 70% peserta memberikan nilai tertinggi.Manfaat Seminar: Sebanyak 66% peserta sangat setuju bahwa seminar ini memberikan manfaat signifikan, khususnya dalam menambah wawasan tentang pentingnya asuransi kecelakaan. KesimpulanKegiatan ini berhasil memberikan edukasi dan meningkatkan pemahaman mahasiswa UIM Yogyakarta mengenai perlindungan asuransi kecelakaan. Tingginya tingkat kepuasan peserta menunjukkan bahwa materi dan penyampaian yang diberikan telah sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi. Universitas Islam Mulia berharap kerja sama dengan PT. Pialang Asuransi Asyki dapat terus berlangsung, sehingga lebih banyak mahasiswa mendapatkan akses informasi yang bermanfaat untuk mendukung kehidupan mereka secara aman dan terencana. Kontirbutor : Nurul Ariningtyas

Uncategorized

Foreigners’ Responses to Culture Diversity in Yogyakarta

kegiatan field study mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIM Yogyakarta berkomunikasi dengan turis asing Yogyakarta Senin, 6 Januari 2025- Mahasiswa prodi bahasa Inggris UIM Yogyakata didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah survival speaking mengadakan kegiatan field study ke Malioboro. Kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi dalam mempraktekan skil bahasa Inggris terutama speaking, untuk langsung bertemu dan berkomunikasi dengan turis asing. Sehingga pembelajaran tidak hanya di dalam kelas, namun mahasiswa diajak untuk belajar berkomunikasi di tempat wisata. Adapun kegiatan yang mahasiswa lakukan yaitu mewawancarai turis mengenai respon mereka terhadap keberagaman budaya di Yogyakarta. Iin Inayah Ma’sum berkesempatan mewancarai satu orang turis yang berasal dari India dan Ape Senegil mewancarai dua orang turis, suami istri yang berasal dari Belgia. Istrinya adalah seorang dosen di kampus Universitas Indonesia. Selama kegiatan ini ada didampingi oleh dosen pengampunya, Dede Surahman, M.Pd. Para mahasiswa sangat antusias untuk menyapa turis asing tersebut karena bisa langsung berbicara dengan mereka dalam bahasa Inggris. Mahasiswa mampu mendemontrasikan berbagai percakapan dasar untuk berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Inggris dengan sikap yang santun dan beradab. Dengan kegiatan seperti ini diharapkan mahasiswa menjadi lebih semangat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya sehingga mampu bersosialisasi dengan orang asing dan bisa bersaing didunia internasional. Menjadi para akademisi yang mempunyai akhlaq yang mulai dan bermanfaat bagi agama, nusa, dan bangsa. Kontributor : Dede Surahman

Uncategorized

Penandatanganan MoA dan IA antara FPH UIM Yogyakarta dan FBSB UNY

Kolaborasi Penelitian Pendidikan Bahasa Inggris Yogyakarta, 5 Desember 2024 – Dalam langkah strategis untuk memperkuat jaringan penelitian, Universitas Islam Mulia Yogyakarta (UIM Yogyakarta) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Agreement (IA). Acara penandatanganan ini berlangsung di kampus UIM Yogyakarta dengan dihadiri oleh Wakil Rektor I UIM Yogyakarta, Dekan Fakultas Pendidikan dan Humaniora (FPH), serta perwakilan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dari kedua universitas. Kerjasama ini melibatkan Fakultas Pendidikan dan Humaniora (FPH) UIM Yogyakarta dan Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) UNY, dengan fokus utama pada kolaborasi penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Dalam sambutannya, Wakil Rektor UIM Yogyakarta, Nurul Ariningtyas, ST., MPH., menyampaikan harapan besarnya terhadap kerjasama ini. “Kami sangat antusias dengan kerja sama ini. Melalui kolaborasi penelitian antara dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, kami berharap dapat belajar banyak sehingga bisa meningkatkan kapasitas penelitian dosen-dosen yang ada disini,” ujarnya. Sementara itu, perwakilan dosen dari FBSB UNY, Dr. Rozanah Katrina Herda, S.Pd., M.Pd., menegaskan bahwa kerja sama yang telah terjalin melalui penandatanganan MoA dan IA dengan FPH UIM Yogyakarta memiliki potensi untuk berkembang lebih luas lagi. Kerja sama bisa diperluas ke aspek tridarma lain selain penelitian dan juga melibatkan program studi lain dari kedua fakultas. “Kerja sama ini tidak hanya terbatas pada bidang penelitian di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, tetapi juga memiliki peluang untuk diperluas ke aspek tridarma perguruan tinggi lainnya. Kami juga sangat terbuka untuk mengembangkan kerja sama ini ke program studi lain yang ada di FBSB UNY dan FPH UIM Yogyakarta.” Selain penandatanganan MoA dan IA, acara ini juga diisi dengan diskusi mengenai rencana penelitian yang akan dilakukan dan rencana kerja sama ke depan, termasuk publikasi ilmiah bersama, penyelenggaraan seminar dan workshop, serta program pertukaran dosen dan mahasiswa. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan akademik yang inovatif dan kolaboratif, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Kontributor : M. Fathur Khalik

Scroll to Top